Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu pilar penting dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan sosialisasi PHBS pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Tahfidzul Qur’an Al-Azhar yang berlokasi di Kampung Kedung Sapi, Desa Kampung Baru, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pelaksanaan berupa penyuluhan interaktif kepada 47 siswa melalui pemberian contoh, tanya jawab, dan permainan edukatif. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan pemahaman dasar mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sebagai upaya pencegahan penyakit berbasis perilaku yang umum terjadi pada anak usia sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan partisipatif mampu meningkatkan antusiasme siswa dalam menerima materi dan memperlihatkan perubahan sikap awal terhadap kebersihan. Siswa lebih memahami pentingnya mencuci tangan, menjaga kebersihan tubuh, dan tidak melakukan kegiatan MCK di aliran sungai yang tercemar. Kegiatan ini menunjukkan bahwa edukasi PHBS efektif dilakukan melalui metode menyenangkan dan relevan dengan kehidupan siswa sehari-hari. Penelitian ini merekomendasikan adanya kelanjutan program serupa dengan pelibatan guru dan orang tua serta pengembangan media interaktif agar dampak pembelajaran lebih optimal dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025