KERNEL: Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika dan Pendidikan Informatika
Vol 6, No 1 (2025)

RANCANG BANGUN SISTEM PENGISI GALON OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO DAN SENSOR KAPASITIF TIPE LJC18A3

Nurmuslimah, S. (Unknown)
Munir, Misbahul (Unknown)
Kasih, Johan Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Sistem otomasi pengisian air galon sangat bermanfaat untuk depo isi ulang yang tidak  memiliki banyak karyawan. Ketika air pengisian penuh, tidak terjadi tumpah. Pada penelitian ini dirancang pengisian air galon otomatis. Letak inovasi adalah pemilihan jenis sensor. Sensor yang digunakan adalah tipe jarak-kapasitif. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem otomasi untuk membantu rumah depo galon. Secara tidak  langsung  memiliki  dampak  ekonomi  dan  efisien  tenaga  kerja.  Metode  rancang  bangun  yang dilaksanakan dalam penelitian terdiri dari dua macam, yaitu perancangan mekanik dan elektronika. Mekanis didesain untuk mampu menopang pompa dan sistem pengisian agar bisa tepat jatuh pada ujung galon. Pada sistem elektronika terdapat sensor LCJ18A3, Arduino uno, papan LCD I2C, sumber tenaga dan pengolah sensor CD4050. Hasil pengujian sensor didaptkan akurasi sekitar 80%. Ketidak akuratan  tersebut disebabkan adanya air yang masih membekas di badan galon. Pada pengujian LCD alfanumerik didapatkan nilai kebenaran sekitar 100%. Hal ini disebabkan hasil luaran LCD dan format data teks sama. Pada pengujian sistem relay untuk aktivasi pompa, didapatkan kebenaran 100%. Pengujian algoritma memberikan kesesuaian sekitar 100%. Dari hasil penelitian   dapat diambil kesimpumpulan bahwa sistem otomasi pengisian galon dapat bekerja dengan baik dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kernel

Publisher

Subject

Computer Science & IT Other

Description

1. Teknologi Informasi 2. Rekayasa Perangkat Lunak: a. Rekayasa Kebutuhan b. Pengembangan Game dan Realitas Virtual c. Management Proyek Perangkat Lunak d. User Interface / User Experience 3. Jaringan Komputer: a. Sekuritas Jaringan b. Internet Of Things c. Wireless Network d. Cloud Computing e. ...