EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENGEMBANGAN LMS MELALUI GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA PGRI TANJUNGPANDAN

El Gumeri, Mahmudah (Unknown)
Zulfitria, Zulfitria (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

This research is motivated by the need to improve students' critical thinking skills in Physics learning, thus focusing on the development of a Google Sites-based Learning Management System (LMS) at SMA PGRI Tanjungpandan. Using the ADDIE development model with qualitative and quantitative approaches, the steps of this research include data collection through observation, interviews, questionnaires, and pretest-posttest to measure the feasibility and effectiveness of the media. The main findings from the feasibility aspect indicate that this LMS is considered very feasible by media experts (92%) and material experts (83%), and received a very positive response from large group trials with a feasibility level above 90%. In terms of effectiveness, the N-Gain analysis of the pretest-posttest results proves an increase in students' critical thinking skills. This media is also considered easy to access, interactive, and appropriate to facilitate students' learning needs, especially those with kinesthetic learning styles. In conclusion, this Google Sites-based LMS has proven to be feasible and effective for implementation in Physics learning to improve critical thinking, so it is recommended for wider adoption with accompanying training for teachers. ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Fisika, sehingga berfokus pada pengembangan Learning Management System (LMS) berbasis Google Sites di SMA PGRI Tanjungpandan. Menggunakan model pengembangan ADDIE dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian ini meliputi pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, serta pretest-posttest untuk mengukur kelayakan dan efektivitas media. Temuan utama dari aspek kelayakan menunjukkan bahwa LMS ini dinilai sangat layak oleh ahli media (92%) dan ahli materi (83%), serta mendapat respons sangat positif dari uji coba kelompok besar dengan tingkat kelayakan di atas 90%. Dari sisi efektivitas, analisis N-Gain dari hasil pretest-posttest membuktikan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Media ini juga dinilai mudah diakses, interaktif, dan sesuai untuk memfasilitasi kebutuhan belajar siswa, terutama yang memiliki gaya belajar kinestetik. Kesimpulannya, LMS berbasis Google Sites ini terbukti layak dan efektif untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Fisika guna meningkatkan berpikir kritis, sehingga direkomendasikan untuk diadopsi secara lebih luas dengan disertai pelatihan pendampingan bagi guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...