Artikel ini mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Teks Berjalan terhadap hasil, aktivitas belajar, juga proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman teks berita soft news. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan dengan desain penelitian One-Group Pretest-posttest. Hasil temuan menunjukan terdapat peningkatan pada hasil belajar peserta didik, sebelum menggunakan media teks berjalan nilai tes awal (pre-test) peserta didik rata-rata sebesar 72,36 sedangkan perolehan nilai tes akhir (post-test) rata-rata sebesar 82,36. Kemudian selain hasil tes juga terdapat peningkatan pada proses pembelajaran setelah menggunakan media teks berjalan, pada awalnya pembelajaran terasa monoton, tidak komunikatif dan sedikit membosankan, namun setelah menggunakan media teks berjalan pembelajaran menjadi variatif, komunikasi terjalin dengan baik, dan motivasi peserta didik meningkat. Aktivitas belajar juga mengalami perubahan dari yang tadinya pasif menjadi lebih aktif, peserta didik yang mengantuk, tidak berani berpendapat dan yang diam saja menjadi lebih aktif dalam berdiskusi, berkomunikasi dan menyampaikanp pendapatnya di depan kelas. Kata Kunci: kemampuan membaca; teks berita; teks berjalan ABSTRACT This article describes the effect of using the Running Text media on the learning outcomes, activities, and learning process of reading comprehension skills for soft news texts. This study used an experimental method with a One-Group Pretest-Posttest design. The findings showed an improvement in student learning outcomes. Before using the Running Text media, students' average pre-test score was 72.36, while their average post-test score was 82.36. Furthermore, in addition to test results, there was also an improvement in the learning process after using the Running Text media. Initially, learning felt monotonous, uncommunicative, and somewhat boring. However, after using the Running Text media, learning became varied, communication was well-established, and student motivation increased. Learning activities also changed from passive to more active. Students who were sleepy, reluctant to express their opinions, and silent became more active in discussions, communication, and expressing their opinions in front of the class. Keywords: reading ability; news text; Running Text
Copyrights © 2025