Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kemandirian finansial mahasiswa yang sering menghadapi masalah pengelolaan keuangan, seperti kurangnya perencanaan anggaran dan tingginya perilaku konsumtif. Pendidikan ekonomi diyakini berperan penting dalam membentuk literasi keuangan yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa mengelola keuangan secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan ekonomi dalam meningkatkan kemandirian finansial mahasiswa. Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek lima mahasiswa ITEBIS PGRI Dewantara. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam yang difokuskan pada dua variabel utama: pemahaman konsep ekonomi dan praktik kemandirian finansial. Analisis dilakukan dengan mengelompokkan temuan sesuai indikator, kemudian diinterpretasikan berdasarkan teori dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan ekonomi memberikan pengaruh positif terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa, khususnya dalam hal membuat anggaran, menabung, dan mengendalikan pengeluaran. Namun, implementasi masih dipengaruhi oleh keterbatasan pendapatan, pengaruh gaya hidup, dan tekanan sosial. Kesimpulan ini menegaskan pentingnya integrasi pendekatan praktis dalam pendidikan ekonomi agar lebih efektif membentuk kemandirian finansial mahasiswa.
Copyrights © 2025