SPEED: Journal of Special Education
Vol. 9 No. 1 (2025): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Penggunaan Video Tutorial YouTube Dalam Pembelajaran Keterampilan Vokasional Tata Rias Peserta Didik Disabilitas Intelektual di SLB

Wulandari, Shinta (Unknown)
Kismawiyati, Renalatama (Unknown)
Sugihartik, Sugihartik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan dampak penggunaan video tutorial YouTube sebagai media pembelajaran terhadap keterampilan vokasional tata rias peserta didik disabilitas intelektual. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian terdiri dari enam peserta didik disabilitas intelektual di SLB C TPA Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, serta dokumentasi hasil praktik peserta didik. Data dianalisis secara tematik melalui tahapan reduksi, kategorisasi, dan interpretasi berdasarkan perspektif naturalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video tutorial YouTube meningkatkan partisipasi aktif, motivasi belajar, dan keterampilan vokasional peserta didik. Peserta didik mampu memahami urutan merias wajah, mengenali alat-alat tata rias, dan menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus secara bertahap. Selain itu, media video juga mendorong tumbuhnya rasa percaya diri dan kemandirian dalam menyelesaikan tugas. Guru menyatakan bahwa video tutorial YouTube mempermudah proses penyampaian materi dan memungkinkan adanya pendampingan individual yang lebih optimal. Temuan ini menunjukkan bahwa video tutorial YouTube merupakan media pembelajaran yang efektif, inklusif, dan adaptif untuk mendukung keterampilan vokasional peserta didik disabilitas intelektual. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan konten video edukatif yang kontekstual, sederhana, dan mudah diakses sebagai bagian dari strategi pembelajaran vokasional berbasis teknologi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...