SPEED: Journal of Special Education
Vol. 9 No. 1 (2025): SPEED: JOURNAL OF SPECIAL EDUCATION

Penerapan Media Papan Arab Braille Terhadap Kemampuan Menghafal Titik Huruf Hijaiyah Bagi Siswa Disabilitas Netra Kelas VI di SLB Negeri Branjangan Jember

Novita, Novita (Unknown)
Ariyanto, Dedy (Unknown)
Sugihartatik, Sugihartatik (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Semua siswa berhak mendapatkan pendidikan termasuk siswa yang mengalami hambatan dalam penglihatan (disabilitas netra), dengan adanya hambatan penglihatan tersebut maka, perlu adanya pelayanan khusus, terutama dalam pendidikan Agama Islam yang berlandaskan nilai-nilai luhur Alqur’an demi mencapai Ridho Allah dan mencapai kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di Akherat, Dalam mempelajari pendidikan agama Islam salah satu prosesnya adalah dengan membaca Alqur’an yang diawali dengan mengenalkan huruf hijaiyah melalui buku Iqro’. Namun buku Iqro’ tidak dapat dipergunakan oleh penyandang disabilitas netra, maka dari itu diperlukan media khusus yang dapat diraba. Seperti huruf Braille yang menggunakan media Papan Arab Braille atau Pantulle. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah dan meningkatkan minat siswa dalam mengenal serta menghafal titik huruf Hijaiyah Braille. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang meliputi wawancara mendalam, observasi, pengumpulan data dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa disabilitas netra Di SLB Negeri Branjangan Jember menjadi lebih mudah dalam mengenali dan menghafal titik Huruf Hijaiyah Braille. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi SLB lain dalam merancang program pembelajaran yang lebih efektif lagi bagi siswanya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

speed

Publisher

Subject

Other

Description

SPEED Journal : Journal of Special Education is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. SPEED Journal : Journal of Special Education provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild ...