Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan menjahit pada siswa disabilitas intelektual di SLB Negeri Patrang Jember. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa disabilitas intelektual, guru keterampilan, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara bertahap dan terstruktur mampu meningkatkan keterampilan teknis siswa, seperti membuat pola, menjahit dengan mesin, dan merapikan hasil jahitan. Selain itu, ditemukan peningkatan dalam aspek afektif seperti rasa percaya diri, kemandirian, dan motivasi belajar. Proyek-proyek yang dikerjakan secara konkret memberikan makna pembelajaran yang lebih kuat dan meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Dukungan guru sebagai fasilitator serta penggunaan media visual turut memperkuat efektivitas model ini. Dengan demikian, PjBL dapat dijadikan strategi pembelajaran alternatif yang aplikatif dan inklusif dalam pengembangan keterampilan vokasional siswa disabilitas intelektual.
Copyrights © 2025