Salah satu alat investasi reksa dana yang populer di kalangan Generasi Z adalah aplikasi Bibit karena kepraktisannya dan kemudahan penggunaannya. Meskipun demikian, latar belakang literasi keuangan konsumen masih beragam, yang dapat memengaruhi pilihan investasi mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara parsial dan simultan bagaimana literasi keuangan, kegunaan aplikasi, dan kualitas layanan memengaruhi keputusan Generasi Z di Jawa Barat untuk membeli reksa dana melalui aplikasi Bibit. Studi ini menggunakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun kegunaan aplikasi dan kualitas layanan memengaruhi keputusan pembelian secara parsial, literasi keuangan tidak memiliki dampak parsial. Kesimpulan ini didukung oleh hasil wawancara, yang menunjukkan bahwa sebagian besar responden memilih Bibit lebih berdasarkan pada kemudahan penggunaan dan keandalan sistem aplikasi daripada pengetahuan mereka tentang literasi keuangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam hal Generasi Z, faktor teknologi dan layanan memiliki dampak yang lebih besar pada pilihan investasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025