Kecamatan Songgon merupakan wilayah dengan populasi kambing perah terbesar di Kabupaten Banyuwangi. Populasi kambing perah yang tinggi ikut mendorong kuantitas produksi susu kambing di Kecamatan Songgon. Strategi pemasaran yang tepat diperlukan untuk memanfaatkan produksi susu kambing yang tinggi sehingga dapat memberikan peningkatan pendapatan bagi peternak. Susu kambing memiliki kandungan gizi yang tinggi dibandingkan produk susu lainnya. Namun, sifat susu kambing yang mudah rusak (perisable) memerlukan rantai pasok yang memadai. Mekanisme distribusi yang tepat bertujuan untuk menjaga kualitas susu kambing tetap terjaga dengan baik sehingga tidak merugikan pelaku rantai pasok yang terlibat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme distribusi rantai pasok susu kambing yang berkaitan dengan aliran produk, aliran informasi dan aliran keuangan serta mengetahui strategi pemasaran susu kambing di Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi melalui purposive methode. Responden yang digunakan untuk menganalisis rantai pasok yaitu sampling jenuh dan snowball sampling. Lalu, responden yang digunakan untuk menganalisis strategi pemasaran menggunakan purposive sampling sebanyak 5 responden yaitu 3 responden internal dan 2 responden eksternal. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif rantai pasok, analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mekanisme distribusi rantai pasok susu kambing di Kecamatan Songgon yaitu aliran produk, aliran keuangan dan aliran informasi. Hasil analisis SWOT diperoleh nilai IFAS 2,41 dan nilai EFAS 2,47. Prioritas strategi pemasaran diperoleh melalui analisis QSPM yaitu melakukan quality control pada proses pemerahan susu kambing dan memperkuat kelembagaan antar peternak kambing perah di Kecamatan Songgon sehingga mampu melakukan pengolahan produk turunan susu kambing seperti susu bubuk, susu UHT dan produk turunan lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025