Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025

Peningkatan Pemahaman Matematis Siswa Kelas V SD melalui Penerapan Strategi Numbered Heads Together (NHT)

Ursula Amara Syifa Carmelia (Unknown)
Yurniwati (Unknown)
Soleh, Dudung Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas V SD melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi luas dan keliling bangun datar, yang disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih bersifat tradisional. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, mengacu pada model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas V SDN Cempaka Putih Timur 01 Pagi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat dari 82% pada siklus I menjadi 100% pada siklus III, sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 75% menjadi 96%. Selain itu, ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 59% pada siklus I menjadi 84% pada siklus III, dengan rata-rata nilai akhir 82,84. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan penerapan model NHT dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kolaboratif, dan bermakna. Dengan demikian, model NHT efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...