Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS III UPT SDN DOROMUKTI

Dwi yuni kholifatus isdiyanti (Unknown)
wiratsiwi, Wendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Rendahnya motivasi belajar dan capaian akademik siswa pada materi siklus hidup makhluk hidup mendorong peneliti untuk mengembangkan solusi pembelajaran melalui media diorama yang konkret dan interaktif pada siswa kelas III UPT SDN Doromukti dalam mata pelajaran IPAS. Faktor penyebab utamanya adalah penerapan metode pembelajaran konvensional yang masih terbatas pada penggunaan LKS dan teknik ceramah, sehingga mengakibatkan minimnya keterlibatan aktif siswa pada aktivitas belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan hasil belajar materi siklus hidup makhluk hidup melalui implementasi media diorama sebagai alternatif pembelajaran inovatif bagi siswa kelas III di UPT SDN Doromukti. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 14 peserta didik (10 perempuan dan 4 laki-laki) sebagai subjek penelitian. Desain penelitian mengadopsi model PTK dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama melalui siklus perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi. Hasil studi membuktikan implementasi media diorama, menunjukkan nilai persentase keberhasilan pada siklus I sebesar 35,71%% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93%. Dengan demikian, implementasi media diorama pada aktivitas belajar mengalami kenaikan hasil belajar pelajaran IPAS tentang siklus hidup makhluk hidup siswa kelas III di UPT SD Negeri Doromukti tahun ajaran 2024/2025.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...