Rendahnya motivasi belajar dan capaian akademik siswa pada materi siklus hidup makhluk hidup mendorong peneliti untuk mengembangkan solusi pembelajaran melalui media diorama yang konkret dan interaktif pada siswa kelas III UPT SDN Doromukti dalam mata pelajaran IPAS. Faktor penyebab utamanya adalah penerapan metode pembelajaran konvensional yang masih terbatas pada penggunaan LKS dan teknik ceramah, sehingga mengakibatkan minimnya keterlibatan aktif siswa pada aktivitas belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan hasil belajar materi siklus hidup makhluk hidup melalui implementasi media diorama sebagai alternatif pembelajaran inovatif bagi siswa kelas III di UPT SDN Doromukti. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 14 peserta didik (10 perempuan dan 4 laki-laki) sebagai subjek penelitian. Desain penelitian mengadopsi model PTK dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama melalui siklus perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan evaluasi. Hasil studi membuktikan implementasi media diorama, menunjukkan nilai persentase keberhasilan pada siklus I sebesar 35,71%% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 93%. Dengan demikian, implementasi media diorama pada aktivitas belajar mengalami kenaikan hasil belajar pelajaran IPAS tentang siklus hidup makhluk hidup siswa kelas III di UPT SD Negeri Doromukti tahun ajaran 2024/2025.
Copyrights © 2025