Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

PENGARUH ROLE PLAYING GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS II SDN 89 PALEMBANG

Ade Andella Putri (Unknown)
Liza Murniviyanti (Unknown)
David Budi Irawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing game untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SD Negeri 89 Palembang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pretest-Posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas II SD Negeri 89 Palembang yang berjumlah 28 Siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampel Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk essay sejumlah 20 soal pertanyaan, Observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji independent sampel t-test. Hasil analisis data diperoleh = 0,000 < dari = 1,671 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode Role Playing game untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa SD Negeri 89 Palembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...