Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Role Playing game untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SD Negeri 89 Palembang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pretest-Posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas II SD Negeri 89 Palembang yang berjumlah 28 Siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampel Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk essay sejumlah 20 soal pertanyaan, Observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji independent sampel t-test. Hasil analisis data diperoleh = 0,000 < dari = 1,671 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode Role Playing game untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa SD Negeri 89 Palembang.
Copyrights © 2025