Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2 SD Negeri 89 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 2C dan wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat membaca permulaan dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi lemahnya daya ingat siswa, kurangnya motivasi belajar, dan variasi kemampuan daya tangkap siswa. Faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian dan bimbingan dari orang tua, minimnya media pembelajaran yang digunakan guru, dan kurangnya fasilitas penunjang seperti pojok baca. Dengan mengetahui faktor-faktor tersebut, diharapkan guru dan orang tua dapat memberikan pendampingan yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Copyrights © 2025