Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

PENGARUH MEDIA SOSIAL PANDAWARA GROUP TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS V SDN 18 BANYUASIN 1

miftachuljannah (Unknown)
Masnunah (Unknown)
Sylvia Lara Syaflin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Salah satu konten media sosial yang sangat relevan untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan adalah konten edukatif dari Pandawara Group, yaitu sekelompok anak muda yang aktif melakukan aksi bersih-bersih lingkungan dan membagikannya melalui TikTok Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) berupa posttest-only design. Desain ini digunakan untuk melihat perbedaan sikap peduli lingkungan siswa setelah diberikan perlakuan berupa tayangan video Pandawara Group melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis media sosial Pandawara Group mampu meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai data angket kelas Eksperimen sebesar 80,50 lebih besar dari nilai data angket kelas kontrol dengan nilai sebesar 63,42 dan observasi dengan hasil kelas kontrol 63,73 dan kelas eksperimen mendapat hasil 89,1. Hal tersebut menunjukkan media sosial pandawara group berpengaruh besar terhadap sikap peduli lingkungan siswa, pada Tema 8 Subtema 1 kelas V di SDN 18 Banyuasin 1.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...