Salah satu konten media sosial yang sangat relevan untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan adalah konten edukatif dari Pandawara Group, yaitu sekelompok anak muda yang aktif melakukan aksi bersih-bersih lingkungan dan membagikannya melalui TikTok Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) berupa posttest-only design. Desain ini digunakan untuk melihat perbedaan sikap peduli lingkungan siswa setelah diberikan perlakuan berupa tayangan video Pandawara Group melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis media sosial Pandawara Group mampu meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai data angket kelas Eksperimen sebesar 80,50 lebih besar dari nilai data angket kelas kontrol dengan nilai sebesar 63,42 dan observasi dengan hasil kelas kontrol 63,73 dan kelas eksperimen mendapat hasil 89,1. Hal tersebut menunjukkan media sosial pandawara group berpengaruh besar terhadap sikap peduli lingkungan siswa, pada Tema 8 Subtema 1 kelas V di SDN 18 Banyuasin 1.
Copyrights © 2025