Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN KELAS III SD NEGERI 06 PALEMBANG

nenisafitri (Unknown)
Zahruddin Hodsay (Unknown)
Yunika Lestaria Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar, khususnya pada materi pecahan. Pemahaman konsep merupakan komponen penting dalam pembelajaran matematika, karena menjadi dasar bagi siswa untuk memahami materi secara menyeluruh dan menyelesaikan soal dengan pendekatan yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas III pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan subjek sebanyak 25 siswa kelas III-C SD Negeri 06 Palembang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes tertulis yang dirancang untuk mengukur pemahaman konsep siswa terhadap materi pecahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata persentase kemampuan pemahaman konsep siswa adalah sebesar 66,11%, yang termasuk dalam kategori sedang. Artinya, secara umum siswa telah memahami konsep dasar matematika, namun belum menguasai materi secara menyeluruh. Sebagian siswa menunjukkan pemahaman konsep yang tinggi, seperti kemampuan memberikan contoh dan bukan contoh, merepresentasikan konsep dalam berbagai bentuk, serta menyelesaikan soal dengan benar. Meskipun demikian, masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan, khususnya dalam menerapkan konsep secara algoritmik dan dalam mengklasifikasikan objek berdasarkan konsep

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...