Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 6 LUBAI

Angelina, Bintang Jessi (Unknown)
Lia, Linda (Unknown)
Utami, Sonia Anisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi perubahan lingkungan di kelas V SD Negeri 6 Lubai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment type non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes esai yang telah melalui proses validasi, uji reliabilitas, dan uji tingkat kesukaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen sebesar 86,33, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,67. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, diperoleh nilai t_hitung sebesar 4,031 dan t_tabel sebesar 2,048 (pada taraf signifikansi 5% dengan df = 28). Karena t_hitung > t_tabel (4,031 > 2,048), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap pemahaman konsep siswa. Dengan demikian, model RADEC terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan dalam mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...