Penelitian ini dilatarbelakangi faktor motivasi belajarsiswa masih rendah dan penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas. Tujuan penelitianini adalah untuk mengetahui pengaruh media Pop Up Book tehadap motivasi belajar siswa kelas V SD materi bumi dan alam semesta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasyexperimental design dengan bentuk desainnonequaivalent control grup design. Populasipenelitian yaitu seluruh siswa kelas V sd dan Sampel penelitian diambil dengan Teknik random sampling dan diperoleh kelas VA sebagai kelas Kontrol denganjumlah siswa 35 orang dan VC sebagi kelas Exprimendengan jumlah siswa 34 orang. Teknik pengumpulandata yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitianini yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan dengan menggunakan program SPSS. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan t test yang menunjukkan nilai sig adalah 0,003 < 0,05 makaHo di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Pop Up Book terhadap Motivasi Belajar siswa kelas V SD Negeri 156 Palembang. Dengan menggunakan media Pop Up Book rata-rata Motivasi belajar siswa lebihbaik dibandingkan pembelajaran tanpa menggunakan.
Copyrights © 2025