Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV B SDN 060873

Siregar, Siti Rahmadhani (Unknown)
Maharani, Shafira (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media gambar memengaruhi kemampuan berbicara siswa kelas IV B SDN 060873. Karena kemampuan berbicara merupakan bagian penting dari bahasa, siswa kelas IV B masih kesulitan dalam menyusun kalimat yang rumit dan kurang percaya diri saat bercerita di depan kelas, yang menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Dengan demikian, sebanyak 24 siswa dijadikan sampel dalam penelitian kuantitatif ini, yang memiliki desain one-group pretest-posttest. Lembar tes digunakan untuk melaksanakan ujian lisan dalam rangka mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa telah meningkat secara signifikan. Dengan simpangan baku 96,522 dan 107,565, nilai rata-rata (mean) media gambar dari temuan Prettes adalah 80,50000 dan 87,50000, sedangkan nilai tertinggi adalah 93,00 dan 100,00. Nilai Minimum Keterampilan Berbicara (Y) pada Pretest dan Posttest Keterampilan Berbicara skor pretest 62,00 dan 75,00, skor posttest 87,00 dan 100,00, dan nilai rata-rata (mean) 78,0833 dan 89,0000, dengan simpangan baku 9,14576 dan 8,89064. Karena nilai rata-rata lebih besar dari simpangan baku, maka nilai rata-rata dan simpangan baku menunjukkan bahwa sebaran data sangat baik. Kesimpulan bahwa data yang diperoleh terdistribusi dengan sangat baik dapat ditarik dari hasil uji hipotesis satu sampel. Jika nilai Ha lebih besar dari 70% skor ideal dan nilai Ho lebih kecil atau sama dengan 70% skor ideal, maka kesimpulan tersebut dapat ditarik. H01 = 70% dan Hai = 70% nilai sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0,00 < 0,05. Maka dapat diputuskan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini mengindikasikan bahwa media gambar memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar khususnya siswa kelas tinggi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...