Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Proccess

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK MELALUI METODE CIRC PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ardian Falentina (Unknown)
Decenni Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman membaca cerita anak pada siswa kelas V SD Negeri Duren Jaya XII dengan menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya literasi membaca siswa, terbukti dari skor PISA 2022 dan hasil asesmen nasional sekolah yang menunjukkan nilai rata‑rata di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 75). Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut Kemmis & McTaggart, dilaksanakan dalam dua siklus, masing‑masing terdiri atas empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas V, dengan data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa serta tes membaca pemahaman. Hasil observasi menunjukkan peningkatan aktivitas guru dari 62,5% pada Siklus I pertemuan 1 menjadi 100% pada Siklus II pertemuan 2, dan aktivitas siswa dari 56,25% menjadi 93,75%. Nilai rata‑rata membaca pemahaman siswa meningkat dari 63,94 (kondisi awal) menjadi 68,61 pada Siklus I dan 77,80 pada Siklus II, dengan persentase ketuntasan belajar naik dari 55% menjadi 88%. Temuan ini menegaskan bahwa metode CIRC efektif mendorong keterlibatan aktif siswa dan meningkatkan pemahaman isi bacaan, sehingga direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...