Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Emaze Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Al Islam Siswa SMA Muhammadiyah 4 Makassar

M.arya makarim (Unknown)
Nasir (Unknown)
Sadriana Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi emaze terhadap motivasi belajar pembelajaran Al Islam siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yakni desain pre-eksperimen desaign (One Shot Case Study). Berjumlah 11 sampel kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Makassar dilibatkan dalam penelitian ini. Instrumen yang peneliti gunakan yakni observasi dan angket untuk mengukur pengaruh aplikasi emaze terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan aplikasi emaze terhadap siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 4 Makassar memiliki pengaruh baik. Hasil analisis statistik deskriptif dan inferensial saat menggunakan aplikasi emaze. Diketahui Bahwa ditemukan pada indikator perasaan senang sebanyak 76,30% siswa memilih bahwa dengan penggunaan aplikasi emaze suasana dikelas menjadi lebih menyenangkan, kemudian pada indikator perhatian siswa sebanyak 76,30% siswa fokus dan menyimak pembelajaran Al Islam menggunakan aplikasi emaze, adapun pada indikator ketertarikan siswa sebanyak 73,56% siswa merasa puas dan betah belajar Al Islam menggunakan aplikasi emaze dan pada indikator keterlibatan siswa sebanyak 86,30% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dengan penggunaan aplikasi emaze terhadap motivasi belajar pembelajaran Al Islam siswa kelas XI SMA Muhammdiyah 4 Makassar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...