Penerapan profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran, perlu merancang perangkat pembelajaran penunjang proses belajar aktif dan menarik untuk menanamkan karakter serta meningkatkan minat belajar peserta didik. Perkembangan teknologi mempermudah anak untuk mengakses apapun melalui internet sehingga tidak jarang anak meniru apa yang mereka tonton dan berpengaruh terhadap karakter yang dimilikinya. Film animasi Adit Sopo dan Jarwo merupakan film berfokus pada penyampaian berbagai pesan moral yang bermanfaat, terutama bagi anak-anak usia sekolah dasar. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan dimensi gotong royong dengan media film animasi Adit Sopo Jarwo bagi siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4D Thiagarajan (Define, Design, Develop, Disiminate). Hasil validasi dari keempat ahli menunjukkan rata-rata skor kelayakan sebesar 81% dengan kategori sangat layak. Hasil respon guru memperoleh sebesar skor 100%. Hasil respon peserta didik pada uji coba pertama menunjukkan rata-rata skor 85%, sedangkah pada uji coba kedua respon peserta didik menunjukkan rata-rata skor 92%. Dengan demikian, LKPD Pendidikan Pancasila bermuatan dimensi gotong royong melalui film Adit Sopo Jarwo dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Copyrights © 2025