Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

PENGEMBANGAN MEDIA GAME TTL MATA PELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Natafia, Delta (Unknown)
Zaman, Wahid Ibnu (Unknown)
Afandi, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di Kelas 1 SDN Pagung 1 ditemukan permasalahan bahwa, banyak peserta didik yang kurang mengenal dengan lagu wajib nasional. Kurangnya pengetahuan lagu wajib nasional menyebabkan lunturnya nilai nasionalisme didalam diri peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media interaktif Game TTL (Teka-Teki Lagu) pada siswa kelas 1 SDN Pagung 1. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa (1) Hasil validasi yang diperoleh dari validasi media yaitu 96% dan validator materi 95%. Maka hasil rata-rata kevalidan media interakaktif game TTL (Teka-Teki Lagu) yaitu 95,5%. (2) Hasil kepraktisan yang diperoleh dari uji coba terbatas angket respon guru yaitu 95% dan angket respon siswa mendapatkan 90%. Maka rata-rata yang diperoleh dari kepraktisan uji coba terbatas yaitu 92,5 %. Sementara hasil kepraktisan dari uji coba luas yaitu dari angket respon guru yaitu 95% dan angket respon siswa mendapatkan 95%. Maka rata-rata yang diperoleh dari kepraktisan uji coba luas yaitu memperoleh 95%.(3) Hasil keefektifan yang diperoleh dari uji coba terbatas yaitu 100% dan uji coba luas mendapatkan 91,6%. Maka dapat disimpulkan media Interaktif game TTL (Teka-Teki Lagu) mata pelajaran seni budaya pada siswa kelas 1 SDN Pagung 1 dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...