Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Dega Kanya Septipara Asyiqah (Unknown)
Arif Widagdo (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang berkembang pesat telah memengaruhi beberapa sektor, salah satunya adalah sektor pendidikan, sehingga diperlukan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Transformasi ini menuntut pendidik untuk memanfaatkan teknologi dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan siswa di era digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk menelaah, menganalisis, dan mengintegrasikan berbagai sumber literatur yang relevan secara sistematis yang dilakukan pada tahun 2022 hingga 2025 yang mengevaluasi efektivitas PowerPoint interaktif dalam pendidikan dasar. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis PowerPoint secara signifikan meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran seperti Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Pendidikan Kewarganegaraan. Studi ini juga menyoroti pentingnya integrasi elemen visual, audio, dan interaktif dalam menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan efektif. Temuan ini mendukung penggunaan media pembelajaran berbasis PowerPoint sebagai pendekatan praktis dalam mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa di era digital serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan metode pengajaran inovatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...