Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika karena siswa sering menghadapi hambatan dalam memahami isi soal, memilih strategi yang sesuai, serta mengubah permasalahan ke dalam bentuk matematika. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut memerlukan model pembelajaran yang relevan yaitu Problem Based Learning (PBL) yang dimodifikasi dengan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika melalui model Problem Based Learning (PBL) modifikasi Realistik Mathematic Education (RME) pada siswa kelas V SDN Gedong 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan setiap siklus. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dimodifikasi dengan Realistic Mathematic Education (RME) memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase dan skor pada siklus III yang sudah mencapai target yang ditentukan yaitu pada pengamatan guru yaitu 95% dan pengamatan siswa yaitu 92,5 %. Adapun kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika yaitu 93,10 %. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) modifikasi Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SDN Gedong 03 Pagi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025