Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Al-Ittihad Desa Batokorogan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan keaktifan siswa dalam pelajaran PPKn, serta rendahnya hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data utama berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari enam orang, termasuk siswa dengan kualitas belajar berbeda serta seorang guru PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual mampu meningkatkan pemahaman siswa, minat belajar, serta partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih termotivasi dan mampu mengingat materi terutama pada topik hak dan kewajiban sebagai warga negara. Dengan demikian, media audio visual efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025