Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

Peningkatan Hasil Belajar menggunakan Model PBL berbasis Culturally Responsive Teaching pada Materi Pecahan Kelas V SDN 55 Palembang

Efryanty (Unknown)
Saparini (Unknown)
Mindarti, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Fokus materi adalah operasi pecahan, yang sering menjadi kendala dalam proses belajar di sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di kelas V.B SD Negeri 55 Palembang dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart. Data dikumpulkan melalui observasi, asesmen formatif, dan refleksi kolaboratif dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada persentase ketuntasan klasikal, dari 55,56% pada siklus I menjadi 77,78% pada siklus II. Penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam model Problem-Based Learning terbukti efektif dalam membuat pembelajaran lebih nyata dalam kehidupan sehari-hari, partisipatif, dan relevan dengan latar belakang budaya peserta didik. Selain mendorong pemahaman konsep secara lebih mendalam, pendekatan ini juga memperkuat keterlibatan siswa dalam proses belajar di kelas. Dengan demikian, kombinasi PBL dan CRT dapat secara signifikan meningkatkan pengajaran matematika di tingkat dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...