Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

Pengembangan System E-Portofolio Berbasis Website Sebagai Alat Penilaian dan Pameran Online Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Octarina, Mita (Unknown)
Hakim, Abdul (Unknown)
Aswan, Dedy (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem e-portofolio berbasis website yang terintegrasi dengan platform Behance sebagai alat penilaian dan pameran online mahasiswa di Program Studi Teknologi Pendidikan. Model yang diterapkan adalah Web Based Learning yang melewati empat langkah utama: 1) Gathering Information (Pengumpulan Informasi), di mana peneliti menyiapkan dokumen informasi dan menentukan metode pengiriman sistem untuk memastikan aksesibilitas yang mudah; 2) Developing Materials (Mengembangkan Bahan), yang melibatkan perancangan website dan fitur sistem e-portofolio dengan fokus pada pengalaman pengguna; 3) Producing Materials (Memproduksi Bahan), termasuk pembuatan alur kerja yang jelas untuk pengunggahan tugas; dan 4) Evaluating Materials (Mengevaluasi Bahan), di mana uji coba sistem dilakukan dalam situasi nyata untuk menilai fungsionalitas dan kemudahan penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-portofolio dapat meningkatkan dokumentasi dan evaluasi karya mahasiswa, serta memfasilitasi aksesibilitas yang lebih baik bagi dosen dalam memberikan umpan balik. Validasi oleh ahli program menunjukkan desain yang sangat layak dan efektif, sementara uji coba pada kelompok kecil dan besar menunjukkan hasil yang positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa e-portofolio adalah alat yang efektif dalam mendukung proses penilaian dan pameran online mahasiswa, sekaligus meningkatkan keterlibatan mereka dalam aktivitas kreatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...