Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI DI SMAN 1 BAYANG

wahyuni, tiara (Unknown)
Yanti Sri Wahyun (Unknown)
Hefni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang monoton dan tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Canva sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Bayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Teori yang digunakan adalah teori kognitif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Tahap E, dengan kelas E3 sebagai kelas eksperimen dan kelas E4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Data dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Canva dengan yang menggunakan media konvensional. Penggunaan media Canva terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Sosiologi, dengan skor N-Gain yang masuk dalam kategori “efektif”. Dengan demikian, media Canva dapat menjadi salah satu alternatif inovatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...