Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025

PERAN GURU DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SDN 2 PUCUNGKIDUL KECAMATAN BOYOLANGU

Sri Sulastriningsih (Unknown)
Imam Sukwatus Suja’i (Unknown)
Fajar Hendro Utomo (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Rendahnya karakter dan kecerdasan emosional siswa sekolah dasar masih menjadi tantangan pendidikan yang berdampak pada perilaku sosial dan suasana belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran guru dalam membentuk karakter dan kecerdasan emosional siswa di SDN 2 Pucungkidul, Kecamatan Boyolangu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru, siswa, orang tua, kepala sekolah, dan komite sekolah. Hasil menunjukkan peran guru dijalankan secara sistematis melalui tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Nilai karakter diintegrasikan dalam RPP, pembelajaran bersifat partisipatif dan reflektif, serta evaluasi dilakukan melalui catatan harian dan umpan balik orang tua. Keteladanan guru, kerja sama dengan orang tua, dan dukungan sekolah menjadi faktor pendukung utama. Kesimpulannya, pembentukan karakter dan kecerdasan emosional bukan proses tambahan, melainkan bagian integral dari budaya sekolah. Penelitian lanjutan disarankan mengevaluasi efektivitas metode tertentu dalam konteks sosial budaya yang berbeda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...