Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERANGKAT DESA DAN KELURAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD KATOLIK SANTA MARIA KOTA KEDIRI

Sefti Widya (Unknown)
Ita Kurnia (Unknown)
Nurita Primasatya (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perangkat Desa Dan Kelurahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Katolik Santa Maria. Penelitian ini menggunakan menggunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, developmen, implementation, evaluation. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Santa Maria. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) Hasil uji kevalidan memperoleh skor validator media sebesar 87,5% dan perolehan nilai oleh validator materi sebesar 90% sehingga media dinyatakan sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan memperoleh skor angket respon guru sebesar 85% dan respon siswa pada skala terbatas sebesar 82% dan skala luas sebesar 84% sehingga media dinyatakan sangat praktis. (3) Hasil uji keefektifan memperoleh skor pretest sebesar 71%, dan skor postest sebesar 93% sehingga diperoleh skor N-Gain 86,78 dengan kriteria tinggi. Sedangkan pada uji coba skala luas mendapatkan skor pretest sebesar 60%, dan skor postest sebesar 96% sehingga diperoleh skor N-Gain 91,68 dengan kriteria tinggi. Sehingga media dinyatakan sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook berbasis problem based learning dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...