Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIFANI (KOMIK FAKTA DAN OPINI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SDN 1 TERTEK TULUNGAGUNG TAHUN 2025

Susi Susanti (Unknown)
Ita Kurnia (Unknown)
Nurita Primasatya (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari Media Pembelajaran Komifani (Komik Fakta dan Opini) Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas II SDN 1 Tertek. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, developmen, implementation, dan evaluation. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas II SDN 1 Tertek. Hasil penelitian pengembangan Media Pembelajaran Komifani yaitu sebagai berikut (1) Hasil uji validasi ahli materi 82% dan ahli media 92%. Dari kedua dapat diakumulasikan dan memperoleh nilai rata-rata 87,5 dengan kriteria sangat valid. (2) Angket respon guru menunjukkan penilaian 96% dan angket respon siswa skala terbatas sebesar 91% serta angket respon siswa skala luas sebesar 92%. Hasil angket respon guru dan respon siswa masuk ke dalam kriteria sangat praktis. (3) Keefektifan media komifani dari uji skala terbatas menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,75 termasuk kriteria tinggi. Sedangkan pada uji skala luas menghasilkan nilai N-Gain 0,76 dengan kriteria tinggi. Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Komifani dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi fakta dan opini di kelas II SDN 1 Tertek Tulungagung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...