Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Build

Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Peserta Didik SMAN 22 Makassar

Hasan, Nur Haslinar (Unknown)
Taiyeb, A. Mushawwir (Unknown)
Patongai, Dian Dwi Putri Ulan Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola makan dan aktivitas fisik dengan status gizi pada siswa kelas XI SMA 22 Makassar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner food frequency Questionnaire (FFQ) untuk mengukur pola makan, Global Physical Activity Questinnare (GPAQ) untuk mengukur aktivitas fisik dan menggunakan pengukuran antropometri untuk mengukur status gizi. Data di analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial berupa uji regresi dan uji korelasi linier berganda. hasil analisis deskriptif penelitian menunjukkan bahwa pola makan berada pada kategori tidak baik, aktivitas fisik berada pada kategori Tinggi, dan status gizi berada pada kategori normal. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat hubungan antara pola makan dengan status gizi dimana nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.170 dengan tingkat hubungan “sangat sedang”, terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi dimana nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.172 dengan tingkat hubungan “sangat rendah”. Hasil analisis inferensial menunjukkan terdapat hubungan antara pola makan dan aktivitas fisik dengan status gizi peserta didik Kelas XI di SMAN 22 Makassar berdasarkan nilai signifikansi 0,015 < 0,05 berada pada kategori rendah dengan nilai korelasi 0,245.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...