Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan mahasiswa dalam mengolah informasi dalam pembelajaran Mata Kuliah Sejarah Peradaban Islam di UIN Imam Bonjol Padang. Ketika dihadapkan pada suatu permasalahan, mahasiswa masih kesulitan dalam mengolah informasi secara efektif. Penelitian ini berfokus pada kemampuan mahasiswa dalam mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber selama proses pembelajaran. Untuk mengatasi kendala tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengolah informasi dengan menerapkan media film sebagai alat bantu dalam pembelajaran Sejarah Peradaban Islam, yaitu film the Physician dan film the Kingdom of Heaven. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTaggart. Pendekatan ini mencakup empat tahap utama, yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (act), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam mengolah informasi mengalami peningkatan yang signifikan setelah diterapkannya media film dalam proses pembelajaran. Melalui penggunaan media film, mahasiswa menjadi lebih terbiasa dalam mengolah informasi yang diperoleh dari tayangan yang disajikan.
Copyrights © 2025