Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media game edukasi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengacu pada protokol PRISMA sebagai dasar seleksi dan identifikasi artikel. Artikel diperoleh melalui basis data, yaitu Google Scholar, ERIC, dan semantic dengan menggunakan kata kunci “Pemanfaatan Game Edukasi di Sekolah Dasar”. Data penelitian ini adalah 18 artikel akademik yang dipublikasikan antara tahun 2019 hingga 2024. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis tematik untuk mengidentifikasi pola-pola utama yang muncul dari literatur terkait, seperti jenis media game edukasi, integrasi pembelajaran, dan manfaatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi berupa Educandy, Wordwall, SAC, Puzle, Quizizz, dan sejenisnya. Game edukasi ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan literasi dan numerik, serta hasil belajar siswa secara keseluruhan. Game edukasi terbukti tidak hanya dapat meningkatkan partisipasi emosional dan kognitif siswa, tetapi juga menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Dengan memasukkan elemen kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), game edukasi menjadi salah satu pendekatan strategis untuk mengatasi tantangan pembelajaran di zaman digital.
Copyrights © 2025