Jurnal Keperawatan BSI
Vol 4, No 2 (2016): JURNAL KEPERAWATAN

ADVERSITY QUOTIENT MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN YANG SEDANG MENGIKUTI KBK DENGAN METODE SCL

Fitria, Nita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2016

Abstract

ABSTRAKAdversity Quotient (AQ) merupakan suatu bentuk pengukuran yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam merespons suatu tantangan atau kesulitan dalam kehidupannya untuk mencapai suatu keberhasilan. Salah satu tantangan dan kesulitan bagi mahasiswa keperawatan dalam menghadapi program  Kurikulum Berbasis  Kompetensi (KBK) dengan Metode Student Centered Learning (SCL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran  Adversity Quotient  Mahasiswa Fakultas Keperawatan Angkatan 2011 yang  sedang mengikuti Kurikulum Berbasis  Kompetensi dengan Metode Student Centered Learning (SCL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah total populasi  dengan jumlah sampel 142 orang mahasiswa keperawatan angkatan 2011. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dari Adversity Response Profile Quick TakeTM. Hasil penelitian didapatkan Adversity Quotient mahasiswa Angkatan 2011 yang sedang mengikui KBK dengan metode SCL adalah sebagian besar responden yaitu 87 orang (61,27%) pada kelompok climber, sebagian kecil dari responden yaitu 50 orang ( 35,21 %)  pada kelompok transisi camper ke climber, sebagian kecil dari responden yaitu 5 orang ( 3,52 %) pada kelompok camper, tidak seorangpun responden yaitu 0 orang ( 0,00%) pada kelompok transisi quitter ke camper dan tidak seorangpun responden yaitu 0 orang ( 0,00%) pada kelompok quitter. Berdasarkan hasil penelitian diatas disimpulkan sebagian besar mahasiswa pada kelompok climber. Kata Kunci: Adversity Quotient, KBK, SCL ABSTRACTAdversity Quotient (AQ) is a form of measurement used to determine a persons ability to respond to a challenge or difficulty in achieving a successful life. One of the challenges and difficulties for nursing students was the face of programs Competency-Based Curriculum (CBC) with the method of Student Centered Learning (SCL). The purpose of this study to determine the image Adversity Quotient Force 2011 Nursing Students who are following the competency based curriculum with the method of Student Centered Learning (SCL). The method used was descriptive method quantitative. Sampling technique used was the total population with a sample of 142 nursing students of 2011 class. Measuring device is used in this study is a modification of the Adversity Response Profile Quick TakeTM.The results obtained Adversity Quotient was a student from 2011 who attended a CBC with SCL method is the majority of respondents ie 87 people (61.27%) in the climber, a fraction of the respondents is 50 people (35.21%) in the transition to a camper climber, a fraction of the respondents ie 5 persons (3.52%) in the camper, none of the respondents ie 0 (0.00%) in the transition to a camper quitter and none of the respondents, namely 0 (0.00%) on the quitter. Keywords: Adversity Quotient, the Competency Based Curriculum, Student Centered Learning

Copyrights © 2016