BAHTRA: Jurnal Pendidikan Bahasan dan Sastra
Vol 6, No 1 (2025): Mei 2025

Hubungan Status Gizi dengan Kemampuan Baca Tulis Siswa SD Kelas 1 di Desa Mbawi Kabupaten Dompu

Andriani, Mardian (Unknown)
Yanti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Kemampuan baca tulis merupakan pondasi utama dalam pembelajaran awal di sekolah dasar. Faktor status gizi diduga berpengaruh terhadap perkembangan kognitif dan keterampilan literasi anak. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan antara status gizi dengan kemampuan baca tulis pada siswa kelas 1 SD di Desa Mbawi, Kabupaten Dompu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain potong lintang. Populasi penelitian Sebanyak 60 siswa dan sampel sebanyak 38 siswa kelas yang dipilih secara stratified random sampling. Data status gizi diukur melalui antropometri (BB/TB), sedangkan kemampuan baca tulis dinilai menggunakan tes dasar membaca dan menulis yang disusun berdasarkan indikator capaian literasi awal. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Square dengan bantuan SPSS. Hasil uji Chi-Square menunjukkan hubungan signifikan antara status gizi dan kemampuan baca tulis (p = 0,027). Anak dengan status gizi buruk cenderung memiliki kemampuan baca tulis yang rendah. Hasil ini menunjukkan pentingnya perhatian terhadap status gizi dalam mendukung perkembangan akademik anak di fase awal pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Bahtra

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan ...