Kemampuan baca tulis merupakan pondasi utama dalam pembelajaran awal di sekolah dasar. Faktor status gizi diduga berpengaruh terhadap perkembangan kognitif dan keterampilan literasi anak. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan antara status gizi dengan kemampuan baca tulis pada siswa kelas 1 SD di Desa Mbawi, Kabupaten Dompu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain potong lintang. Populasi penelitian Sebanyak 60 siswa dan sampel sebanyak 38 siswa kelas yang dipilih secara stratified random sampling. Data status gizi diukur melalui antropometri (BB/TB), sedangkan kemampuan baca tulis dinilai menggunakan tes dasar membaca dan menulis yang disusun berdasarkan indikator capaian literasi awal. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Square dengan bantuan SPSS. Hasil uji Chi-Square menunjukkan hubungan signifikan antara status gizi dan kemampuan baca tulis (p = 0,027). Anak dengan status gizi buruk cenderung memiliki kemampuan baca tulis yang rendah. Hasil ini menunjukkan pentingnya perhatian terhadap status gizi dalam mendukung perkembangan akademik anak di fase awal pendidikan dasar.
Copyrights © 2025