Jurnal Keperawatan BSI
Vol 5, No 1 (2017): JURNAL KEPERAWATAN

Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Cuci Tangan Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cicadas 2 Kota Bandung

Pauzan, Pauzan (Unknown)
Fatih, Hudzaifah Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2017

Abstract

ABSTRAKCuci tangan merupakan tindakan pencegahan dan penanggulangan penyakit yang menjadi program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah. Kebiasaan cuci tangan penting untuk diajarkan sejak dini karena anak-anak merupakan calon-calon agen perubahan untuk lingkungan sekitarnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi terbentuknya perilaku cuci tangan adalah pengetahuan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara pengetahuan dengan perilaku cuci tangan pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Cross Sectional dan telah dilakukan pada tanggal 3 Mei 2016 sampai 28 Mei 2016 di SDN Cicadas 2 Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 sebanyak 78 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Untuk menjawab pertanyaan penelitian, data dideskripsikan menggunakan persentase dan analisis korelasi menggunakan Pearson’s Correlation. Hasil penelitian menunjukkan 41% siswa memiliki pengetahuan baik, 21.8% siswa memiliki pengetahuan cukup dan 37.2 % siswa memiliki pengetahuan kurang. Sementara itu, 61.5% siswa memiliki perilaku cuci tangan baik dan 38.5% siswa memiliki perilaku cuci tangan kurang baik. Hasil uji statistik dengan analisis Pearson’s Correlation menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan perilaku cuci tangan. Untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku cuci tangan yang baik, sekolah perlu untuk memberikan pendidikan kesehatan tentang cuci tangan secara kontinyu.Kata kunci: Pengetahuan, perilaku, cuci tangan. ABSTRACTHandwashing is an act of disease control and prevention which become a Clean And Healthy Lifestyle Program at school. Handwashing is important to be taught from an early age because children are change agent candidates for their surrounding. One of the factors that influence handwashing behavior is knowledge. Therefore, this study aimed to identify the relationship between knowledge with handwashing behavior in elementary school students. This research was a quantitative research with cross sectional design and conducted on May 3rd until May 28th 2016 at SDN Cicadas 2 Cibeunying District, Bandung City. The sample in this study were 4th and 5th grade students, with 78 respondents taken by total sampling. Data were collected using questionnaires and interviews. To answer the research questions, the data described using percentages and correlation analysis using Pearsons Correlation. Results showed 41% of students had good knowledge, 21.8% of students had sufficient knowledge and 37.2% of students had poor knowledge. Meanwhile, 61.5% of students had good handwashing behavior and 38.5% of students had poor handwashing behavior. Finally, a significant relationship was found between knowledge and handwashing behavior. To improve a good knowledge and handwashing behavior, schools need to provide health education on hand washing continuously.Keywords: knowledge, behavior, hand washing.

Copyrights © 2017