Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa permainan ular tangga modifikasi untuk meningkatkan aspek sosial emosional anak usia 5–6 tahun di TK Sirajuddin. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada keterbatasan media pembelajaran yang masih berfokus pada buku dan lembar kerja, serta permainan yang belum dimodifikasi secara visual dan materi. Media yang digunakan belum menarik dan belum mendukung pendekatan bilingual serta ekspresi sosial emosional secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Permainan dimodifikasi dengan menambahkan gambar ekspresi emosi, pertanyaan reflektif sosial-emosional, dan unsur bilingual (Bahasa Indonesia dan Inggris). Validasi dilakukan oleh ahli media, materi, dan bahasa, serta diuji melalui uji coba awal dan lapangan. Hasil validasi menunjukkan skor kevalidan rata-rata 0,98 (sangat valid), dan kepraktisan mencapai 98% (sangat praktis). Hasil ini menunjukkan bahwa media permainan ular tangga modifikasi efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional anak secara menyenangkan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi sebagai referensi inovatif dalam pengembangan media edukatif berbasis permainan untuk PAUD.
Copyrights © 2025