Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya ketersediaan media permainan di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang, khususnya dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris. Selama ini, proses pembelajaran bahasa Inggris hanya dilakukan melalui metode bernyanyi yang lagunya kurang bervariasi. Sehingga beberapa anak masih mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat kosakata yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa pengaruh permainan What’s Missing terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis metode Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Sampel pada penelitian ini yaitu kelas B2 sebagai kelas eksperimen dan kelas B4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata score pre-test kelompok eksperimen adalah 8,60 dan rat-rata skor post-test adalah 18,73. Sementara pada kelompok kontrol rata-rata score pre-test adalah 7,33 dan rata-rata score post-test adalah 16,20. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan Independent sample t-test nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa permainan What’s Missing dapat berpengaruh terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak.
Copyrights © 2025