Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Pengaruh Permainan What’s Missing Terhadap Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak

Ningsih, Sisri (Unknown)
Muryanti, Elise (Unknown)
Pransiska, Rismareni (Unknown)
Ismet, Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya ketersediaan media permainan di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang, khususnya dalam pengenalan kosakata bahasa Inggris. Selama ini, proses pembelajaran bahasa Inggris hanya dilakukan melalui metode bernyanyi yang lagunya kurang bervariasi. Sehingga beberapa anak masih mengalami kesulitan dalam  memahami dan mengingat kosakata yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa pengaruh permainan What’s Missing terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis metode Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh murid Taman Kanak kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Sampling (Area Sampling). Sampel pada penelitian ini yaitu kelas B2 sebagai kelas eksperimen dan kelas B4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Berdasarkan analisis data, hasil rata-rata score pre-test kelompok eksperimen adalah 8,60 dan rat-rata skor post-test adalah 18,73. Sementara pada kelompok kontrol rata-rata score pre-test adalah 7,33 dan rata-rata score post-test adalah 16,20. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan Independent sample t-test nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa permainan What’s Missing dapat berpengaruh terhadap pengenalan kosakata bahasa Inggris anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...