Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Sampel penelitian adalah 30 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap minat belajar mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah kalkulus integral universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Hubungan tersebut ditunjukkan dari nilai koefisien relasinya sebesar 0,534 yang berarti kategori hubungan kuat dan signifikan dari hubungan itu ditunjukkan dari nilai t htungny lebih besar dari nilai t tabelnya (9,011> 2,034). Dan dengan menggunakan koefisien determinasi dapat dilihat besar hubunganya yaitu 73%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025