Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 5 No 1 (2025): DE_Journal

ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Marbun, Yanty Maria Rosmauli (Unknown)
Tambunan, Lois Eunike (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Sampel penelitian adalah 30 mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap minat belajar mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah pada mata kuliah kalkulus integral universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Hubungan tersebut ditunjukkan dari nilai koefisien relasinya sebesar 0,534 yang berarti kategori hubungan kuat dan signifikan dari hubungan itu ditunjukkan dari nilai t htungny lebih besar dari nilai t tabelnya (9,011> 2,034). Dan dengan menggunakan koefisien determinasi dapat dilihat besar hubunganya yaitu 73%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...