PELITA-Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 3 No 2 (2025): PELITA- JURNAL PENDIDIKAN DAN KEGURUAN

Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa

Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan karakter siswa, mengevaluasi kegiatan guru PAI dalam proses tersebut, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk mengidentifikasi 10 sumber informasi, termasuk administrator sekolah, guru, wali murid, dan siswa. Sementara pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, analisis data dilakukan melalui triangulasi data, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan keikutsertaan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru PAI dalam mengembangkan karakter siswa melalui kedisiplinan, sikap adil dan jujur, akhlak mulia, keteladanan, kedewasaan, kesabaran, dan rasa percaya diri. Tiga metode utama yang digunakan oleh guru PAI dalam mengembangkan karakter siswa adalah proses pendidikan, bimbingan dan penyuluhan, dan strategi pengajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan karakter siswa adalah lingkungan sosial, sekolah, dan masyarakat. Di sisi lain, faktor yang berkontribusi terhadap keterbatasan sarana dan prasarana termasuk biaya operasional yang minim, tingkat pemahaman siswa, dan siswa pindahan dari sekolah lain. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI memainkan peran penting dalam mengembangkan karakter siswa, dan keberhasilannya sangat dipengaruhi oleh interaksi antara lingkungan internal dan eksternal sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

PELITA adalah jurnal ilmiah peer review yang dikelola oleh STAI Al-Gazali Soppeng yang fokus pada pendidikan, keguruan, dan keislaman. Jurnal ini secara resmi diterbitkan dua kali dalam setahun, yakni setiap bulan Januari dan Juli. Tim pengelola jurnal mengundang para peneliti dan/atau pakar untuk ...