Jcommits : The Journal of Community Empowerment, Innovation, and Sustainability
Vol. 3 No. 1 (2025): Jcommits (The Journal of Community Empowerment, Innovation, and Sustainability)

Training on The Use of Classpoint In Supporting Differentiated Learning For Teachers of Smp Negeri 21 Dumai

Putri Mustika, Tria (Unknown)
Rizal Andhi, Rahmat (Unknown)
Alia Sari, Filma (Unknown)
Charlina, Charlina (Unknown)
Faizah, Hasnah (Unknown)
Sinaga, Mangatur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan elemen kunci dalam Kurikulum Merdeka, namun banyak guru masih kesulitan dalam mengimplementasikannya karena keterbatasan pemanfaatan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Classpoint sebagai media pembelajaran interaktif yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan adalah pelatihan berbasis workshop yang melibatkan 25 guru SMPN 21 Dumai, yang dilaksanakan selama tiga hari dengan pendekatan sinkron dan asinkron. Evaluasi keberhasilan pelatihan dilakukan melalui pre-test, post-test, dan observasi keterampilan pengembangan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 44% peserta mencapai kategori sangat baik, 48% berada dalam kategori baik, dan 8% masuk kategori kurang dalam pemanfaatan Classpoint. Skor rata-rata keseluruhan adalah 85,3%, yang menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan sebelum pelatihan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pelatihan berbasis teknologi efektif dalam meningkatkan kapasitas guru untuk mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JCOMMITS

Publisher

Subject

Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Jcommits (The Journal of Community Empowerment, Innovation, and Sustainability): is a peer-reviewed academic journal dedicated to the dissemination of innovative research and practices in the field of community service and empowerment. JCOMMITs aims to foster a collaborative environment where ...