Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pemanfaatan Cisco Packet Tracer sebagai media pembelajaran stimulatif dalam mata pelajaran jaringan komputer di SMK Muhammadiyah 2 Tangerang. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran vokasional yang efektif, efisien, dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik purposive sampling untuk memilih informan, terdiri dari guru pengampu mata pelajaran dan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis tematik enam tahap menurut Nowell et al. (2017) untuk menemukan pola-pola tematis yang muncul dari hasil lapangan. Hasil penelitian menemukan lima tema utama: strategi pengajaran guru, partisipasi aktif siswa, kendala teknis dalam penggunaan perangkat lunak, manfaat visualisasi simulasi, dan peningkatan pemahaman terhadap konsep-konsep jaringan. Cisco Packet Tracer terbukti memperkuat kemampuan siswa dalam memahami konfigurasi jaringan dan mendorong keterampilan berpikir kritis serta eksploratif. Namun, implementasi media ini masih menghadapi kendala teknis seperti keterbatasan perangkat keras dan kurangnya pelatihan guru. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas guru, pengembangan kurikulum berbasis simulasi, dan integrasi evaluasi proyek berbasis kompetensi. Temuan ini memperlihatkan potensi Cisco Packet Tracer sebagai model media pembelajaran masa depan dalam pendidikan vokasional berbasis digital yang kontekstual dan kompetitif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025