cover
Contact Name
Ahmad Nur Taufiqurrahman
Contact Email
lppm@univbhaktiasih.ac.id
Phone
+6281215544470
Journal Mail Official
lppm@univbhaktiasih.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Bhakti Asih Tangerang Jl. Raden Fatah No.62, RT.003/RW.010 Sudimara Barat, Kecamatan. Ciledug, Kota Tangerang, Banten 15151
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Journal of Management and Business
ISSN : -     EISSN : 30642213     DOI : -
Core Subject : Economy,
MASS (Journal of Management and Business) is a peer-reviewed academic journal that publishes original research, reviews, and case studies in the fields of management and business. It serves as a platform for scholars, practitioners, and policymakers to share insights on contemporary business strategies, management practices, leadership, and entrepreneurship. The journal emphasizes contributions that help advance understanding in dynamic business environments, including innovation, globalization, and digital transformation. In addition, it promotes interdisciplinary research and collaboration, encouraging submissions that incorporate diverse theoretical frameworks and methodologies. The journal aims to impact both academia and practice, contributing to the global discourse on business and management trends.
Articles 16 Documents
STRATEGI PRODUCT-DRIVEN DAN MARKET-DRIVEN DALAM ERA DIGITAL: MEMBANGKITKAN SEMANGAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA IRFAN ILMI
Journal of Management and Business Vol 1 No 1 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang pentingnya kewirausahaan dan pemasaran digital dalam era digital saat ini, dengan fokus pada bagaimana mahasiswa dapat memulai dan mengembangkan semangat berwirausaha mereka melalui pemanfaatan teknologi digital. Kewirausahaan didefinisikan sebagai proses kreatif dalam menciptakan nilai tambah melalui inovasi, efisiensi, dan efektivitas dalam pengelolaan sumber daya. Strategi product-driven dan market-driven dibahas sebagai cara untuk memulai bisnis, dengan penekanan pada kepuasan pelanggan dan pemanfaatan peluang pasar yang tinggi. Selain itu, artikel ini membahas keuntungan dari pemasaran digital, termasuk kemampuan untuk mencapai audiens yang lebih luas, meningkatkan penjualan, dan ekonomis. Pemanfaatan media online, seperti iklan online, SEO, email marketing, dan pemasaran melalui perangkat seluler, dianggap sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan keberhasilan bisnis. Dalam konteks mahasiswa, artikel ini menyoroti pentingnya membekali mereka dengan keterampilan kewirausahaan dan pemasaran digital sejak dini. Mahasiswa diharapkan mampu menggali peluang bisnis, mengembangkan inovasi, dan strategi pemasaran yang berkelanjutan, serta menjadi mandiri dalam usaha mereka. Dengan demikian, artikel ini menggarisbawahi peran penting generasi muda dalam perkembangan negara dan ekonomi melalui semangat berwirausaha dan pemasaran digital.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT BANK PERKREDITAN RAKYAT DANA MANDIRI BOGOR TAHUN 2018-2022 NURSUPIAN NURSUPIAN
Journal of Management and Business Vol 1 No 1 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rasio keuangan bank yang baik akan mempengaruhi tingkat kesehatan bank sehingga akan menghasilkan laba yang optimal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisa tingkat kinerja keuangan PT Bank Perkreditan Rakyat Dana Mandiri Bogor melalui analisa laporan keuangan, sehingga dapat membantu pihak manajemen untuk dapat dalam mengambil keputusan dengan baik. Penelitian ini dilakukan pada periode 2018-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, dengan menganalisis masalah laporan keuangan sehingga menggambarkan fenomena yang sedang terjadi dan dihadapi oleh PT Bank Perkreditan Rakyat Dana Mandiri Bogor. Hasil penelitian yaitu tingkat likuiditas dan tingkat solvabilitas terlihat baik walaupun terjadi fluktuatif di setiap tahunnya, sedangkan tingkat profitabilitas pada tahun 2020-2022 kurang baik, hal ini disebabkan karena pandemi covid-19 yang masih menyisakan dampaknya.  
PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN BIAYA KULIAH TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA BARU MEMILIH INSTITUSI PENDIDIKAN TINGGI SWASTA  (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN) RAHMAT LAHANGI
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan memiliki peran sentral dalam pembangunan bangsa karena melalui pendidikan akan tercipta sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas, dan berkarakter. Oleh karena itu, Pendidikan menjadi sektor yang paling penting untuk diperhatikan oleh seluruh instrument pemerintah dalam pembangunan. Artikel Literatur Review Pengaruh Promosi Online dan Biaya Kuliah Terhadap Pengambilan Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Institusi Pendidikan Tinggi Swasta ini adalah artikel ilmiah yang bertujuan membangun hipotesis riset pengaruh antar variabel yang akan digunakan pada riset selanjutnya, dalam ruang lingkup Manajemen Pemasaran. Metode penulisan artikel Literatur Review ini adalah dengan metode library research, yang bersumber dari media online seperti Google Scholar dan media online akademik lainnya. Hasil artikel Literatur Review ini menunjukkan bahwa promosi online dan biaya kuliah berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan calon mahasiswa dalam memilih Pendidikan institusi Pendidikan tinggi swasta.
PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN:KAJIAN RINGKAS SEJUMLAH KARYA ILMIAH HENDRA SURYANTO; RIDWAN MAULANA NUGRAHA
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penulisan yaitu untuk mempelajari beberapa hasil riset tentang pengaruh kepemimpinan dengan kinerja karyawan. Kajian meramunya menjadi sebuah perspektif terpadu keterkaitan kepemimpinan dengan kinerja karyawan yang diharapkan menjadi bahan pemikiran bagi para pihak dalam mengelola kepemimpinan dan kinerja organisasi.  Hasil kajian ringkas atas beberapa artikel ilmiah tentang kepemimpinan dan kinerja karyawan secara umum dinyatakan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil kajian ringkas ini dilengkapi dengan ulasan dalam diskusi untuk melihat lebih jauh dampak kepemimpinan kerja terhadap kinerja karyawan serta dampaknya bagi kinerja organisasi. 
POTENSI PENDIDIKAN VOKASIONAL (VOCATIONAL SKILL) BAGI ALUMNI DI PONDOK PESANTREN DAARUL QURAN HENDY IRAWAN SALEH; DADANG NUGRAHA; IRFAN HANDOKO
Journal of Management and Business Vol 1 No 1 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang muncul dikalangan santri setelah lulus dari pondok pesantren, santri tidak tahu apa yang harus dilakukan di tengah masyarakat dikarenakan santri tidak mendapatkan pelatihan yang mengarah pada pembekalan life skill terutama vocational skill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang potensi pendidikan vokasional, urgensi serta diferensiasi pola pendidikan kecakapan vokasional di Pondok Pesantren Daarul Quran. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, focus group discussion dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model miles and huberman yaitu reduksi, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa: Pola pendidikan vokasional Egle Gedrimiene meliputi empat level yaitu government, institusional, teacher dan student level. Namun pola ini berbeda dengan pola yang diadopsi pesantren yang terdiri atas tujuh level yaitu society, institusional, partnership, instructor, student and society level dan barokah level. Urgensi pendidikan vokasional menurut Eisenhower dalam teori urgent dan important membedakan kategori menjadi empat yaitu not urgent but important, urgent and important, not urgent and not important, urgent and not important. Pengkategorian tersebut memberikan gambaran bahwa pada kategori not urgent, but important di Daarul Quran terdiri atas beberapa program yaitu las, dasar kelistrikan, haramain mart. Pada kategori urgent and important, di Daarul Quran terdiri atas program mengemudikan mobil, desain grafis, teknisi pemrograman komputer. 
PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN, MUTU YANG DIPERSEPSIKAN PELANGGAN, DAN TINGKAT KEMANFAATAN YANG DIRASAKAN PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SUATU STUDI DI PUSAT PERAGAAN IPTEK HENDRA SURYANTO
Journal of Management and Business Vol 1 No 1 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh langsung antara variabel ekspektasi pelanggan, mutu yang dipersepsikan pelanggan, dan tingkat kemanfaatan yang dirasakan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan terhadap guru IPA SLTP yang menjadi peserta program pelatihan pembelajaran iptek di Pusat Peragaan Iptek (PPIPTEK). Riset menggunakan metode survey dengan analisis jalur (path analysis) untuk menguji hipotesis. Jumlah sampel sebanyak 153 guru yang dipilih dengan metode random sampling. Kesimpulan penelitian yaitu: 1) Ekspektasi pelanggan berpengaruh langsung positif terhadap mutu yang dipersepsikan pelanggan; 2) Ekspektasi pelanggan berpengaruh langsung positif terhadap tingkat kemanfaatan yang dirasakan pelanggan; 3) Ekspektasi pelanggan berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan pelanggan; 4)  Mutu yang dipersepsikan pelanggan berpengaruh langsung positif terhadap tingkat kemanfaatan yang dirasakan pelanggan; 5)  Mutu yang dipersepsikan pelanggan berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan pelanggan; 6) Tingkat kemanfaatan yang dirasakan pelangganberpengaruh langsung positif terhadap kepuasan pelanggan. Pengaruh tidak langsung, yaitu: 1) Ekspektasi pelanggan berpengaruh tidak langsung positif terhadap tingkat kemanfaatan yang dirasakan pelanggan melalui mutu yang dipersepsikan pelanggan; 2)  Ekspektasi pelanggan berpengaruh tidak langsung positif terhadap kepuasan pelanggan melalui mutu yang dipersepsikan pelanggan; 3) Ekspektasi pelanggan berpengaruh tidak langsung positif terhadap kepuasan pelanggan melalui tingkat kemanfaatan yang dirasakan pelanggan; 4) Ekspektasi pelanggan berpengaruh tidak langsung positif terhadap kepuasan pelanggan melalui tingkat kemanfaatan yang dirasakan pelanggan dan mutu yang dipersepsikan pelanggan secara bersama-sama; 5) Mutu yang dipersepsikan pelanggan berpengaruh tidak langsung positif terhadap kepuasan pelanggan melalui tingkat kemanfaatan yang dirasakan pelanggan.
IDENTIFIKASI STATUS LITERASI ETIKA DIGITAL PADA CALON PELAKU UMKM PARISTIYANTI NURWARDANI PARIS
Journal of Management and Business Vol 1 No 1 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui status kompetensi etika digital calon pengelola UMKM di Cianjur, Jawa Barat.   Sebayak 471 orang  dilibatkan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kompetensi etika digital calon pengelola UMKM.  Metode penelitian dilakukan dengan survey melalui penyebaran kuesioner dengan Google Form.  Hipotesis yang diuji adalah calon pengelola UMKM mempunyai kompetensi etika digital. Dalam penelitian ini disiapkan empat variable.  Respons yang diperoleh diolah dengan menggunakan  pendekatan Structural Equation Modeling.  Data yang digunakan telah dibuktikan valid dan riabel.  Dari analisis jalur yang dilakukan terhadap data menunjukkan bahwa hipotesis tidak terbukti yakni calon pengelola UMKM di Cianjur belum mempunyai kompetensi etika digital.  Berdasarkan hasil penelitian ini maka direkomendasikan agar dikembangkan program peningkatan kompetensi etika digital  bagi calon pengelola UMKM di Cianjur.  
PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, KESEMPATAN INVESTASI DAN ARUS KAS BEBAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN (PENELITIAN LITERATURE REVIEW MANAJEMEN KEUANGAN) NURSUPIAN NURSUPIAN; IRFAN ILMI
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian terdahulu merupakan penelitian yang berkaitan dengan penelitian ilmiah atau relavan bertujuan untuk mengembangkan teori dan bukti tentang hubungan atau pengaruh antar variabel. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis beberapa variabel yang berhubungan dengan kebijakan hutang. Hasil artikel literature riview ini adalah pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan hutang, kesempatan investasi berpengaruh terhadap kebijakan hutang dan arus kas bebas berpengaruh terhadap kebijakan hutang.
PRAKTIK PINJAMAN BANK KELILING DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM BISNIS NURSUPIAN NURSUPIAN; RAMLIN AHMAD
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui praktik pinjaman bank keliling dan dampaknya terhadap pendapatan masyarakat ditinjau dari perspektif hukum bisnis. Di kalangan masyarakat kelas ekonomi menengah kebawah, bank keliling ini cukup populer karena mereka memberikan jasa pinjaman yang mudah serta prosesnya yang cepat. Penelitian ini memuat pembahasan tentang bagaimana praktik pinjaman bank keliling dapat mempengaruhi peningkatan pendapatan masyarakat Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan observasi/pengamatan secara langsung di lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, beberapa masyarakat yang terjerat oleh bank keliling ini. Banyak permasalahan yang muncul, mulai dari pendapatan yang menurun, usaha bangkrut, kelilit hutang dan rusaknya hubungan keluarga dan hubungan sosial. 
PERAN EKONOMI KREATIF MEWUJUDKAN VISI INDONESIA EMAS 2045 IRFAN HANDOKO
Journal of Management and Business Vol 1 No 2 (2024): Journal of Management and Business
Publisher : Universitas Bhakti Asih Tangerang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemunculan konsep ekonomi kreatif sebagai alternatif dari kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Sektor ini dapat menjadi harapan bagi Indonesia untuk bangkit dan bersaing dengan mengoptimalkan kolaborasi antara keunggulan dan kreativitas budaya yang dimiliki. Tulisan ini mengangkat peranan ekonomi kreatif dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi fenomena terkait. Ekonomi kreatif dapat diandalkan menjadi sektor alternatif bagi perekonomian sehingga perlu dimaksimalkan dengan kolaborasi aktif berbagai pelaku ekonomi kreatif. Pemerintah berperan sebagai regulator yang menyediakan berbagai kebutuhan bagi industri, pelaku usaha senantiasa meningkatkan kualitas dan keunggulan produk yang ditawarkan, serta masyarakat yang meegang peranan penting untuk mengapresiasi dan mendukung ekonomi kreatif dengan senantiasa mengkonsumsi produk-produk ekonomi kreatif Indonesia.

Page 1 of 2 | Total Record : 16