Pendidikan menengah kejuruan memiliki peran yang penting dalam membangun tenaga kerja yang kompeten dan siap terserap sesuai kebutuhan dunia industri. Salah satu bidang keahlian yang berkembang pesat seiring dengan kemajuan industri kreatif adalah desain garfis percetakan. Namun, dalam praktiknya proses pembelajaran pada bidang ini masih mengalami hambatan, seperti rendahnya partisipasi peserta didik dan hasil belajar yang belum optimal. Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) hadir sebagai salah satu pendekatan yang dininai efektif untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Model ini menggabungkan unsur kerja sama tim dan permainan edukatif dalam suasana yang kompetitif namun menyenangkan. Penerapan strategi ini menunjukan potensi dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermakna, serta berdampak positif terhadap pencapaian akademik peserta didik. Oleh karena itu, TGT dapat direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran aktif dalam mengembangkan kompetensi peserta didik, khususnya dalam bidang desain grafis percetakan di lingkungan pendidikan vokasional SMK Muhammadiyah 2 Tangerang.
Copyrights © 2025