Journal of Management and Business
Vol.2 No.1 (May 2025)

HUBUNGAN PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI INDONESIA : LITERATUR REVIEW: Literatur Review

Ilmi, Irfan (Unknown)
Farhana, Farhana (Unknown)
Larasati, Putri Dewi (Unknown)
Muhammad Haidar (Unknown)
Mohammad Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Pelayanan keperawatan merupakan penampilan/kinerja yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan keperawatan yang di satu pihak dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta dipihak lain dan tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan standar kode etik profesi yang telah ditetapkan, sedangkan kepuasan pasien merupakan suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan keperawatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini adalah menggali tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di unit rawat inap di sebuah rumah sakit di Indonesia. Metode yang digunakan dalam jenis penelitian ini adalah literatur review, dengan menganalisis pada jurnal, dan tesis yang berkaitan dengan pelayanan dengan kepuasan pasien. Hasil artikel literatur review ini adalah dari 11 artikel atau jurnal dan 1 tesis yang dianalisis, terdapat beberapa indikator pelayanan keperawatan yang berkaitan dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit Indonesia. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mass

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MASS (Journal of Management and Business) is a peer-reviewed academic journal that publishes original research, reviews, and case studies in the fields of management and business. It serves as a platform for scholars, practitioners, and policymakers to share insights on contemporary business ...