Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ)
Vol. 6 No. 3 (2025): Community Engagement & Emergence Journal (CEEJ)

Pengaruh Influencer dan Social Media Marketing Terhadap Purchase Intention yang Dimediasi oleh Trust pada Pengguna Lazada Gen Z di Kota Bogor

Fadillah, Affandi Ilham (Unknown)
Yuningsih, Erni (Unknown)
Palahudin, Palahudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer dan social media marketing terhadap purchase intention yang dimediasi oleh trust pada pengguna Lazada generasi Z di Kota Bogor. Penelitian ini dirancang untuk mencapai tujuan penelitian dalam menganalisis pengaruh influencer dan social media marketing terhadap purchase intention yang dimediasi oleh trust. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus Lemeshow. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tanggapan responden terhadap variabel purchase intention, trust, influencer, dan social media marketing berada dalam kategori tinggi hingga baik. Indikator eksternal menjadi faktor tertinggi pada purchase intention, sementara minat terhadap produk menjadi yang terendah. Trust didominasi oleh niat baik sebagai indikator tertinggi dan reputasi sebagai yang terendah. Untuk influencer, kekuatan menjadi indikator tertinggi dan kredibilitas yang terendah. Social media marketing menunjukkan kesadaran merek sebagai indikator tertinggi dan keterlibatan sebagai yang terendah. Secara struktural, influencer dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust dan purchase intention. Trust juga memiliki pengaruh langsung dan positif terhadap purchase intention. Selain itu, trust terbukti memediasi secara positif hubungan antara influencer dan social media marketing terhadap purchase intention. Temuan ini menekankan pentingnya kepercayaan dalam memperkuat niat beli pengguna Gen Z terhadap platform e-commerce Lazada.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ceej

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions

Description

CEEJ is a journal for the development and application of science and technology that includes publication of the results of community service activities, models or concepts or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the ...