Ekonomi Bisnis
Vol 30, No 2 (2025)

MENGHADAPI TANTANGAN: RITEL TRADISIONAL DI TENGAH DOMINASI RITEL MODERN

Fallo, Apryanus (Unknown)
Lopes Amaral, Maria Augustin (Unknown)
Watu, Engelbertus Gloria Christy (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Industri ritel di Indonesia terkelompok menjadi ritel modern dan tradisional yang memiliki perbedaan mencolok, baik dari segi fisik, sistem harga, modal, hingga metode pembayaran. Ritel modern berkembang pesat berkat kemajuan teknologi dan strategi pemasaran, sementara ritel tradisional mengalami penurunan akibat persaingan yang semakin ketat. Munculnya toko modern seperti Alfamart dan Indomaret di berbagai daerah, termasuk Kota Kupang, telah mengubah preferensi belanja masyarakat yang kini lebih memilih kenyamanan, pelayanan cepat, dan promo menarik dari ritel modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode kuantitatif dengan alat analisis SmartPLS, melibatkan 105 responden di Kota Kupang yang dipilih melalui teknik accidental sampling dan pengumpulan data dilakukan via Google Form dengan skala Likert 1–5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Customer Experience dan Customer Satisfaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli di ritel tradisional Kota Kupang, sementara Customer Knowledge berpengaruh positif namun tidak signifikan. Dengan mengembangkan pengetahuan yang lebih dalam tentang pelanggan, ritel dapat menciptakan pengalaman yang lebih relevan, meningkatkan loyalitas, dan pada akhirnya, mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is a journal through a peer-review process. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is intended for academics and researchers to publish their articles which is an original text that has not been published in another journal. The focus and scope are in the fields of management, ...