Penguasaan Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus (English for Specific Purposes/ESP) menjadi kebutuhan penting bagi mahasiswa jurusan teknik guna menghadapi tuntutan globalisasi dan dunia kerja yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar ESP yang berorientasi pada pendekatan student-centered learning (SCL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi akademik dan profesional mahasiswa teknik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang meliputi tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, uji coba, dan revisi produk. Data diperoleh melalui wawancara, kuesioner, serta observasi terhadap mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah ESP di beberapa program studi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ESP berbasis SCL yang dikembangkan mampu meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran, memperkuat keterampilan reading, writing, listening, dan speaking sesuai dengan konteks keilmuan teknik, serta menumbuhkan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif. Uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar ini mendapat penilaian “sangat layak” dari para ahli materi dan media dengan skor rata-rata 89%. Implementasi bahan ajar ini dinilai efektif dalam meningkatkan ketercapaian kompetensi bahasa Inggris teknis mahasiswa. Dengan demikian, bahan ajar ESP berbasis SCL yang dikembangkan dapat menjadi referensi inovatif dalam pembelajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi teknik.
Copyrights © 2025